Rabu, 10 Desember 2008

BIKIN GUESTBOOK DARI PHP N MYSQL

Guest book, apaan tuh? Buat yang awam banget, guest book itu adalah sebuah halaman web di mana pengunjung kita bisa meninggalkan pesan dan kesannya selama mengunjungi situs web kita. Nah, kita akan mencoba membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan PHP dan MySQL. Bagi yang masih baru, kamu bisa mulai belajar PHP di sini dan cara koneksi ke MySQL di sini.

Untuk mewujudkan sebuah guest book, kita akan membuat 2 buah halaman PHP. Halaman pertama berfungsi untuk menampilkan isi buku tamu dan form isian buku tamu. sedangkan halaman kedua berfungsi untuk memproses isi form dan menyisipkannya ke dalam tabel MySQL kita.

Nah, sebelum kita membuat halaman PHPnya, kita perlu terlebih dahulu membuat tabel untuk menyimpan pesan tamu kita.
Kamu bikin itu tabel dengan nama buku_tamu dengan 3 buah field: id, nama dan pesan. (kamu bisa ngembangin sendiri nantinya, misalnya dengan menambahkan field tanggal dan email ya...). Biar gampang bikinnya pake phpMyadmin aja tuh. Atau kalau kamu bisa pake yang command based, gunakan perintah berikut:
CREATE TABLE buku_tamu(id INT NOT NULL AUTO_INCREMENT, PRIMARY KEY(id), nama VARCHAR(30), pesan VARCHAR(50));Setelah tabel siap, sekarang waktunya untuk membuat form isian untuk tamu kamu.
Kita juga sudah menyiapkan tabel sebagai wadah penyimpanan pesan dari pengunjung. Jangan lupa, siapkan password, database dan user id tabel itu ya? Pada bagian 2 ini, kita akan ngebahas cara membuat form isian buku tamu kita.
Dalam pembuatan buku tamu, kita akan membuat tabel, form isian bukutamu.htm dan file php bukutamu.php. Untuk memperjelas tentang pembuatan buku tamu ini, sebelumnya akan saya jelasin hubungan antara ketiganya.Halaman yang pertama dilihat oleh pengunjung situs kita saat akan mengisi buku tamu adalah bukutamu.htm. Di halaman ini mereka akan mengisikan nama dan komentar mereka pada form tersebut. Setelah selesai mengisi, pengunjung tersebut akan mengklik tombol 'kirim' yang akan mengeksekusi file bukutamu.php. File ini bertugas untuk menangkap isi dari form bukutamu.htm dan memasukkannya ke dalam tabel yang sudah kita siapkan pada bagian 1. Gimana, dah jelas kan? kalau sudah, kita akan melanjutkan pada pembuatan script bukutamu.htm.Tag HTML yang digunakan dalam bukutamu.htm sangat sederhana. Kita akan menggunakan beberapa tag HTML yaitu < form >, dan ......
Script HTMLnya seperti di bawah ini:
Nama :
Pesan :
Berikut penjelasan baris per barisnya:
Baris I bertugas membuat sebuah formulir isian. Yang perlu kamu perhatikan di sini adalah parameter ACTION. Dalam parameter ini kamu harus menentukan nama file yang akan dieksekusi setelah klik pada tombol kirim.
Baris II akan memunculkan kata Nama : diikuti sebuah kolom yang bisa diisi oleh pengunjung dengan nama mereka. Parameter penting di sini adalah NAME. Kamu bisa mendefinisikan sebuah nama sebagai tempat menyimpan hasil pengisian si pengunjung tadi. Nah isi parameter NAME tersebut (dalam kasus ini nama) akan dapat diambil isinya oleh file bukutamu.php sebagai variabel $nama. Gampang to?
Baris III penjelasannya sama, dengan nama variabelnya adalah $pesan.
Baris IV akan menampilkan tombol bertuliskan kirim.

Ternyata ndak terlalu rumit kan? Guaampang ko. :)nah, kalau sudah mudeng, kita akan bikin file bukutamu.php yang akan memasukkan isi dari input nama dan pesan ke dalam tabel yang sudah kita buat sebelumnya.

0 komentar: